-->

Abdul Gani Kasuba Dukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019

Abdul Gani Kasuba Dukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019


Abdul Gani Kasuba Dukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019

Posted: 04 Sep 2018 06:18 PM PDT

Abdul Gani Kasuba Dukung Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019TERNATE, LELEMUKU.COM - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK), menyatakan diri mendukung Ir. Joko Widodo pada pada periode kedua bersama KH. Prof Dr (HC) Ma'ruf Amin.

Sikapnya ini secara terang-terangan menentang keputusan partainya untuk memenangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti sebab pilihan mendukung Jokowi karena ada kecocokan visi dan misi. Jokowi, kata dia, merupakan sosok yang sangat dekat baik secara pribadi maupun dengan masyarakat pada umumnya.

"Pada pilpres saya dukung Jokowi. Bukan karena PDIP mendukung sebagai cagub Maluku Utara (Malut), tetapi faktor Jokowi masih dibutuhkan untuk melanjutkan dua periode. Apalagi selama memimpin Jokowi cukup berhasil dalam membangun republik ini," kata AGK di Ternate pada Selasa (4/9).

Ia mengatakan semasa Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden, mereka sangat memperhatikan Malut, seperti infrastruktur baik pelabuhan, bandara udara maupun jalan.

"Coba dilihat dan dicek di lapangan, mulai dari Kepulauan Sula, Taliabu, Halteng dan Haltim jalan sudah mulai tersambung karena merupakan jalan nasional yang dibangun oleh Balai Jalan dan Jembatan, walaupun belum semua dilakukan, tapi buktinya sudah ada," katanya.

Sementara terkait maraknya tagar #2019GantiPresiden yang beredar di media sosial, dia menegaskan tahun depan  presiden tidak akan diganti.

Politisi PKS itu meminta agar pemilih di Malut memberikan dukungannya bagi kemenangan Jokowi-Maruf Amin, sehingga pembenahan infrastruktur di kawasan timur Indonesia bisa selesai. (Inews)
 

Masuk Daftar Kader Pembelot, Petrus Fatlolon Terancam Sanksi dari Partai Demokrat

Posted: 04 Sep 2018 05:59 PM PDT

Masuk Daftar Kader Pembelot, Petrus Fatlolon Akan Dapat Sanksi dari Dewan Kehormatan Partai DemokratJAKARTA, LELEMUKU.COM - Masuk dalam daftar para kader Partai Demokrat yang membelot dan mendukung pasangan Ir. Joko Widodo dan KH. Prof Dr (HC) Ma'ruf Amin Wakil pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019,  Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH akan mendapat sanksi dari Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan, dengan menyatakan ada sanksi yang diberikan, setelah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengarahkan untuk menindak tegas kader-kader yang membelot.

"Hanya mempertegas, Sebab semua kader harus loyal kepada partai. Tentunya kan ada aturan yang baku di partai. Tergantung daripada bobot kesalahannya kalau dianggap salah," ujar Syarief di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (4/9).

Menurut anggota Komisi I DPR itu, partai mewajibkan semua kadernya untuk segaris dengan keputusan Partai. Untuk Pilpres 2019, Partai Demokrat telah mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Memang di PD itu diwajibkan setiap kader harus loyal kepada partai apapun yang diputuskan pimpinan. Memang fatsunnya demikian," ujar Syarief.

Meski demikian ia tidak mengungkap jelas sanksi yang akan dikenakan terhadap kader yang membelot keputusan partai tersebut. Sebab, pihak yang berwenang memproses dugaan pelanggaran kader Partai Demokrat adalah Dewan Kehormatan. Ia juga tidak membantah jika Dewan Kehormatan nantinya akan menggelar rapat terkait hal tersebut.

"Itu memang tugas Wanhor. Kalau ada panggilan saya pikir itu sudah menjadi tupoksi. Saya pikir akan berjalan sesuai sistem yang berlaku," kata Syarief.

Ia juga menilai jika ada kader yang membelot keputusan partai sudah masuk kategori pelanggaran berat. Sebab khawatir pembelotan arah dukungan kader ini berdampak pada suara Partai Demokrat di Pemilihan Anggota Legislatif 2019.

"Sekali lagi harus ada klarifikasi apakah mau tetap pendiriannya kepada kubu Jokowi atau tidak. Ya kita lihat nanti bagaimana prosesnya. Itu kalau menurut saya berat. Kalau terlalu berat ya konsekuensinya berat," ujar dia.

Fatlolon masuk dalam deretan sejumlah kader yang disebut mendukung Jokowi-Ma'ruf, beberapa yang lain ialah Deddy Mizwar, Lukas Enembe, Soekarwo dan Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang.

Awalnya Bupati MTB ini bungkam saat ditanya terkait sikapnya ikut mendukung Jokowi-Maaruf. Namun kepada media di Ambon Fatlolon menyatakan bersedia bila ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Maruf di Kepulauan Tanimbar.

Ia juga menjadi salah satu dari sembilan kepala daerah kabupaten kota yang menyatakan sikap untuk menjadi timses pemenangan pasangan Jokowi-Amin. Selain Walikota Ambon, Richad Louhanapessy (Gol­kar), Bupati Maluku Tenggara Taher Hanubun (PKB), Bupati Buru Ramli Umasugi (Golkar), Bupati Buru Selatan Tagop S Sudarsono (PDIP), Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas (Golkar), Bupati Seram Bagian Barat Yasin Payapo (Hanura), Bupati Aru Johan Gonga (Nasdem) dan Bupati Maluku Barat Daya yang kini menjadi Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno (PDIP).

Selanjutnya para Wakil Kepala daerah yang mendukung diantaranya, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler (PPP), Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin (PKB), Wakil Bupati Buru Amos Besan (PDIP), Wakil Bupati Seram Bagian Barat Thimotius Akerina (Nasdem) serta Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury (PDIP). (Albert Batlayeri/Kompas)

Terkait Dukungan ke Jokowi- Ma'aruf, Petrus Falolon Pilih Bungkam

Posted: 04 Sep 2018 05:47 PM PDT

Terkait Dukungan ke Jokowi- Ma'aruf, Petrus Falolon Pilih BungkamSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dituding membelot dari Partai Demokrat karena memilih untuk mendukung Pasangan  Ir. Joko Widodo dan KH. Prof Dr (HC) Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti, Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Fatlolon, SH., MH bungkam.

Hal ini ditunjukkan Kader Demokrat yang menjadi Bupati MTB pada 2017 lalu itu yang memilih diam dan tidak memberikan tanggapan saat dihubungi Lelemuku.com guna konfirmasi dan klarifikasi terkait tudingan tersebut melalui selulernya. Paska dirinya diberitakan mendukung Jokowi-Amin pada akhir Agustus 2018 lalu.

Sebelumnya dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Pattimura, Mohammad Borut, menyatakan sikap politik Bupati Fatlolon dinilai tak etis. Karena sebagai kader dari partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono itu, ia harunya memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang didukung partai tersebut bukannya mendukung pasangan lain.

"Fenomena pindah kelompok me­­­­mang ramai terjadi di Pilpres 2019, dan itu tak luput di Maluku. Sebagaimana sejumlah media yang memberitakan sikap kader Demokrat, Petrus Fatlolon yang pindah gerbong untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Maluku, adalah sikap politik yang tak etis," kata Borut.

Ia menilai keputusan yang diambil Fatlolon adalah hak politik sebagai warga negara, namun secara etika politik, tidak bisa dibenarkan.

"Memang sebagai warga negara Petrus berhak, tetapi sekali lagi, Petrus adalah kader Demokrat yang mestinya taat terhadap paslon politik internal," jelas dia.

Borut menyatakan, jika beberapa kepala daerah bersikap mendukung Jokowi-Ma'ruf ka­rena mereka adalah kader parpol koalisi pe­ngusung Jokowi-Ma'ruf. Tentunya hal itu berbeda dengan Fatlolon. Partainya berjuang dalam visi dan kepentingan partai pada figur yang lain, sementara Fatlolon justeru ingin berakrobat sendiri tanpa peduli dengan Partai Demokrat yang sudah mem­besarkan namanya di gelanggang politik saat ini.

"Jika beberapa kepala daerah bersikap men­dukung Jokowi-Ma'ruf karena mereka adalah kader parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf. Tentunya hal itu berbeda dengan Fatlolon. Partainya berjuang da­lam visi dan kepentingan partai pada figur yang lain,"paparnya.

Bagi Borut, langkah Fatlolon tentu menunjukan sikap tidak loyal nya dia sebagai kader partai apalagi sebagi bupati yang diusung Partai Demokrat pada Pilkada MTB 2017 lalu. 

Ia menilai sikap Fatlolon mencerminkan betapa minimnya komitmen kader terhadap partai politik. Langkah Fatlolon tentu menunjukan sikap tidak loyalnya dia sebagai kader partai apalagi sebagi bupati yang diusung Partai Demokrat pada Pilkada MTB 2017 lalu.

Borut juga menyampaikan analisisnya soal di­namika Pilpres 2019 mendatang. Bagi Borut, publik harus mencatat bahwa Pilpres 2019 akan ada sedikit warna yang berbeda jika mengikuti pergolakan politik nasional yang terjadi saat ini. Artinya, dukungan kepala daerah tidak memberikan jaminan bahwa Pasangan Jokowi-Ma'ruf akan menuai kemenangan d Maluku.

"Saya ingin sampaikan bahwa Pilpres 2019 akan ada sedikit warna yang berbeda jika mengikuti pergolakan politik Nasional yang terjadi saat ini. Artinya, dukungan kepala daerah tidak memberikan jaminan bahwa pasangan Jokowi-Ma'ruf akan menuai kemenangan di Maluku," tutupnya. 

Sebelumnya Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku, Basri Damis menyatakan  Petrus Fatlolon menjadi salah satu dari sembilan kepala da­erah kabupaten kota yang men­­yatakan sikap untuk men­­­­jadi timses pemenangan pasa­ngan Jo­kowi-Amin.

Bergabungnya sembilan kepala daerah dari 11 ka­bu­paten/kota termasuk se­jumlah wakil kepala daerah di Maluku tersebut, semakin memperkuat prediksi po­litik DPW PKB Maluku jika pa­sa­ngan Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut akan unggul di Maluku.

"Kita optimis pasangan Jokowi-Maruf akan me­nang telak di Maluku. Karena sejumlah kepala daerah sudah bergabung. Seperti Petrus Fatlolon Bupati Maluku Tenggara Barat yang juga kader Demokrat sudah siap. Tergabung. Petrus Fatlolon sudah konfirmasi ke saya beliau siap bergabung dengan tim pemenangan Jokowi -KH Maruf Amin di Maluku dan bersedia menjadi ketua Tim Jokowi-KH Maruf Amien di Maluku Tenggara Barat," kata Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis melalui press rilis yang diterima Lelemuku.com.

Basri menerangkan, lompatan politik Fatlolon ke barisan Jokowi-Ma'ruf tentunya dengan pertim­bangan politik yang matang. Basri mengaku, salah satu dalil politik yang menjadi pijakan Fatlolon adalah, keberhasilan dan komitmen Jokowi dalam memimpin Indonesia.

"Pak Fatlolon tentu tidak mau seperti kacang lupa kulit. Beliau menghargai kerja keras kabinet Jokowi di MTB. Sikapnya ini demi menjamin keberlangsungan pembangunan dan kemajuan daerah" terangnya.

Basri mengungkapkan, padangan Fatlolon bahwa Jokowi sukses membangun dari pinggiran, daerah tertinggal dan terpencil di Indonesia. Sebagai bapak pembangunan infrastuktur, Jokowi di nilai berhasil dan telah meletakkan pondasi pembangunan secara merata antara Jawa dan Luar Jawa.

"Sebagai bapak pembangunan, pak Jokowi sukses membangun Indonesia dari pinggiran dan memposisikan pembangunan yang merata antara Jawa dan luar Jawa. Ini menjadi alasan pak Fatlolon. Bahkan saat ini, infrastruktur di Indonesia Timur maju sangat pesat. Begitupun Tol Laut Sebagai jembatan Mengatasi distribusi Barang dan mengatasi keterisolasian antar daerah di nilai telah di rasakan manfaatnya oleh daerah di Indonesia timur," paparnya.

Sikap Fatlolon mengingatkan kita pada, sikap politik Tuan Guru Bajang, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lukas Enembe Gubernur Papua. Ke­tiga kepala daerah itu pindah haluan demi mementingkan daerah dan tidak mau ikut dalam arus oposisi segelintir elit di Jakarta.

Berikut ini daftar Bupati dan wakil bupati di Maluku yang telah berkomitmen memenangkan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019: Walikota Ambon, Richad Louhanapessy (Gol­kar), Bupati Maluku Tenggara, Taher Hanubun (PKB), Bupati Buru, Ramli Umasugi (Golkar), Bupati Buru Selatan, Tagop S Sudarsono (PDIP), Bupati Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas (Golkar), Bupati Seram Bagian Barat, Yasin Payapo (Hanura), Bupati Aru Johan Gonga (Nasdem), Bupati Maluku Barat Daya, Barnabas Orno (PDIP), Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon (Demokrat).

Selanjutnya para Wakil Kepala daerah yang mendukung diantaranya, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler (PPP), Wakil Bupati Maluku tenggara, Petrus Beruatwarin (PKB), Wakil Bupati Buru, Amos Besan (PDIP), Wakil Bupati Seram Bagian Barat, Thimotius Akerina (Nasdem), serta Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury (PDIP). (Albert Batlayeri) 

DPT MTB Sukses Laksanakan Program Pemanfaatan Halaman dan Pekarangan

Posted: 04 Sep 2018 04:21 PM PDT

DPT MTB Sukses Laksanakan Program Pemanfaatan Halaman dan PekaranganSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Suksesnya pelaksanaan Program Unggulan Pengembangan dan Pemanfaatan Halaman Dan Pekarangan oleh Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) mendapat apresiasi yang baik dari Bupati MTB Petrus Fatlolon.

Apresiasi Bupati Petrus Fatlolon tersebut terungkap saat memimpin apel gabungan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). "pekarangan kantor haruslah kita manfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa produktif, jangan sampai halaman kantor Dinas, Badan kita ditumbuhi rumput, mestinya kita olah supaya menjdi halaman bermanfaat bagi kita semua," ungkap Bupati saat apel gabungan di Lapangan Upacara Dinas Ketahana Pangan Kab. MTB, Prov Maluku, Kamis (30/8/2018).

Karena itu Bupati meminta sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat, agar memasukan kegiatan kebersihan halaman dan pekarangan untuk dilombakan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Maluku Tenggara Barat 4 Oktober 2018 mendatang. "pemanfaatan halaman kantor secara produktif bisa dilombakan supaya kita terbiasa untuk memanfatkan halaman pekarangan, mulai dari toilet," ujar Bupati.

Selain Bupati memberikan pujian karena pemanfaatan halaman dan pekarangan, Bupati juga memberikan pujian kepada Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kepulauan Tanimbar atas kebersihan toilet dinas tersebut. "toiletnya luar biasa bersih, kita bisa ngobrol di dalam toilet, Dinas Tanman Pangan hendaknya menjadi potret yang baik untuk itu, kalau potret yang baik patut kita tiru, yang tidak baik jangan kita tiru, saya harap Dinas Badan yang lain bisa mencontohi," lanjut Bupati.

Sementara itu Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Jemy Watumlawar mengatakan, sebelumnya pihaknya melakukan program unggulan pengembangan kawasan pemanfataan pekarangan. "memang beberapa tahun ini sudah kita lakukan kegiatan ke desa-desa dalam bentuk bantuan pengembangan kawasan pekarangan, hanya beberapa desa terasa sulit karena bagaimana memahami konsep itu agak susah, olehnya itu kami membuat percontohan di sini, dengan harapan bahwa sebelum kegiatan dilaksanakan di setiap desa, sudah mendapat gambaran di sini, sehingga menjadi pembelajaran bagi mereka untuk mempraktekannya di desa masing-masing," ungkap Watumlawar.

Ditambahkannya, program yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan Kab. MTB bukan hanya terbatas pada pemanfaatan halaman pekarangan tetapi juga termasuk pengembangan kegiatan tambak ikan seperti tambak ikan lele yang sudah kami lakukan di desa Tumbur sampai desaTutukembong. "kemarin kita sudah kembangkan di Desa Meyano dan Tutukembong, jadi konsep ini tetap kita kembangkan di sana, jadi tahun ini kita ada enam kelompok antara lain, Batu Putih, Marantutul, Latdalam dan Olilit dan itu sudah kita panen," pungkas Watumlawar. (DiskominfoMTB)

Pemdes Namlea Gelar Sunat Massal untuk Masyarakat Kurang Mampu

Posted: 04 Sep 2018 02:50 PM PDT

Pemdes Namlea Gelar Sunat Massal untuk Masyarakat Kurang MampuNAMLEA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku menggelar acara sunat massal untuk masyarakat kurang mampu di Aula Kantor Desa Namlea pada Sabtu (1/9).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Namlea Karim Wamnebo, SH, Kepala Desa Namlea Kasan Wamnebo, ibu-ibu PKK dan pengurus Pokja Kesehatan, para Kepala Dusun Desa Namlea dan para Pendamping dan Orang Tua Peserta Sunat Masal.

Para peserta yang mengikuti sunat masal ini berjumlah 50 orang yang berasal dari tuju dusun yang ada di Desa Namlea, tiap-tiap dusun di wakili oleh 7 orang peserta.

Kegiatan yang tertuang didalam APBDes  anggaran dana desa tahun 2018 oleh pemerintah desa namlea  kegiatan sunat masal ini adalah bentuk dari pemberdayaan sehingga masyarakat Desa Namalea juga ikut secara langsung  merasakan dana desa, Ini merupakan kepedulian dari pemerintah desa namlea terhadap warganya. (DiskominfoBuru)

Kodam Pattimura Gelar Buka LKO di Korem Binaiya

Posted: 04 Sep 2018 02:45 PM PDT

Kodam Pattimura Gelar Buka LKO di Korem BinaiyaAMBON, LELEMUKU.COM - Pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Kodam XVI/Pattimura Tahun 2018 yang melibatkan tiga matra, bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan yang dilaksanakan oleh Kodam XVI/Pattimura dalam mengatasi segala ancaman yang terjadi di wilayah binaannya, berlangsung selama lima hari sejak Senin (03/09) bertempat di Makorem 151/Binaiya.

Tema latihan kali ini, "Kodam XVI/Pattimura Selaku Koops TNI Wilayah Maluku dan Maluku Utara Mengatasi Konflik Sosial di Wilayah Maluku dan Maluku Utara dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI".

Latihan Kesiapsiagaan merupakan uji kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas. Hal ini penting karena Latihan bagi seorang prajurit merupakan suatu kebutuhan yang harus dapat terpenuhi dengan baik, dalam rangka mewujudkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan dalam menghadapi tuntutan dan tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks.

Sebagaimana tugas pokok TNI sesuai dengan UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI, yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan Kesiapsiagaan Operasional TNI merupakan latihan dalam rangka penggunaan kekuatan untuk mencapai kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi "Kontinjensi" yang paling mungkin terjadi di wilayah Kotamaops TNI.

Provinsi Maluku dan Maluku Utara merupakan bagian wilayah tugas Kodam XVI/Pattimura yang rawan akan terjadinya konflik sosial. Selaku Komando Kewilayahan, Kodam XVI/Pattimura dan satuan TNI AL dan TNI AU yang ada di wilayah dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menanggulangi konflik sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kodam XVI/Pattimura diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan Kodam XVI/Pattimura selaku Kotamaops TNI wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk mengaplikasikan RO "Onosel" dalam mengatasi penanggulangan konflik sosial sesuai peran dan tugas yang telah disiapkan secara berhasil dan berdaya guna. (Pendam16)

7000 Orang di Ambon Pecahkan Rekor MURI Tarian Gemu Famire Serentak se Indonesia

Posted: 04 Sep 2018 02:31 PM PDT

7000 Orang di Ambon Pecahkan Rekor MURI Tarian Gemu Famire Serentak se IndonesiaAMBON, LELEMUKU.COM - Sebanyak 7000 orang yang terdiri dari  personel TNI-Polri Maluku bersama Pemerintah Kota Ambon dan Pelajar se-Kota Ambon, pada Selasa (4/9) pagi, kompak bersama-sama melaksanakan Pemecahan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) Tari Gemu Famire atau Maumere dengan peserta terbanyak serentak di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Lantamal lX/Ambon, Kec. Baguala, Kota Ambon.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh PNS TNI, anggota  Persit KCK PD XVI/Pattimura, anggota Jalasenatri Lantamal IX/Ambon dan anggota Pia Adriagarini Lanud Pattimura Ambon. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT TNI ke -73  pada tanggal 05 Oktober 2018 mendatang.

Tari Gemu Famire ini dilaksanakan secara serentak di Markas TNI seluruh Indonesia, yaitu Markas Komando Daerah Militer, Pangkalan Utama TNI-AL, Pangkalan TNI-AU, Kantor Gubernur, dengan total peserta mencapai 346.829 orang.

Alasan dipilihnya tari "Gemu Famire" adalah karena melalui tari tersebut dapat menjadi suatu alat pemersatu bagi persatuan dan kesatuan Bangsa yang mana hampir seluruh Rakyat Indonesia mampu menarikannya.

Acara diawali dengan Pelaksanaan Video Conference Panglima TNI di dampingi Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan dengan Pangdam XVI/Pattimura didampingi Wakapolda Maluku dan  para Unsur Forkopimda Provinsi Maluku.

Usai Kegiatan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam wawancaranya di halaman Lantamal IX/Ambon mengatakan jumlah peserta yang terlibat Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire kali ini untuk wilayah Kodam XVI/Pattimura sekitar 11.000 orang, yang dipusatkan di Lantamal IX/Ambon melibatkan 7000 orang dan Maluku Utara yang dipusatkan di Ternate melibatkan 4000 orang.

"Jadi Tari Gemu Famire ini tari yang berasal dari daerah Maumere, Nusa Tenggara Timur, bukan hanya sebagai ajang melestarikan budaya Bangsa, tetapi juga kesehatan yaitu Olah raga, menjalin kekompakan bersama-sama antara TNI-Polri dan seluruh lapisan Masyarakat", ujar Pangdam.

"Kita sama-sama secara  serempak seluruh Indonesia bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melaksanakan Pemecahan Rekor Muri Senam atau Tari Gemu Famire,  mulai dari ujung Timur sampai Barat Indonesia", pungkas Pangdam.

Kedepan selain kegiatan Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire atau Maumere, Kodam XVI/Pattimura juga akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, donor darah, bersepeda (fun bike),  lomba-lomba bagi TNI yang ada di Maluku dengan turut melibatkan Masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke -73. (Pendam16)

Dongfeng Sokonindo Tidak Terpengaruh Melemahnya Rupiah

Posted: 04 Sep 2018 12:15 PM PDT

Dongfeng Sokonindo Tidak Terpengaruh Melemahnya RupiahBANDUNG, LELEMUKU.COM - Produsen otomotif nasional PT Sokonindo Automobile menilai pihaknya tidak khawatir dengan melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. 

Menurut  Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, Dongfeng Sokonindo ( DFSK) memiliki pengaturan keuangan yang baik, karena memiliki banyak perwakilan di berbagai negara sehingga meski nilai tukar  berada Rp14.928 per US$1 hal ini tidak membuat  merasa khawatir.

"Ada perwakilan di berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Indonesia, dan China. Kami punya pengaturan finansial dan nilai mata uang yang baik. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan harga mobil. Walaupun nilai tukarnya terhadap mata uang asing naik, kami akan tetap menjaganya," ungkap Franz di Bandung, Selasa (4/9).

Selanjutnya, kata dia, DFSK yang menjadi pendatang baru di industri otomotif Tanah Air, akan tetap mempertahankan harga jual yang sudah ditetapkan pada awal peluncuran. Sehingga meski nilai tukar rupiah terhadap dolar AS belum memengaruhi bisnis DFSK di Tanah Air, agen resmi mobil DFSK di Indonesia berharap angkanya akan kembali normal.

"Untuk angka psikologis enggak ada, karena kami datang ke Indonesia dengan serius untuk beri pelayanan bagi pelanggan. Kami ingin masyarakat Indonesia merasakan pelayanan dan kualitas produk yang kami tawarkan," tutp dia. (Viva) 

Petrus Fatlolon Sampaikan Kuliah Umum di Fakultas Hukum Unpatti,

Posted: 04 Sep 2018 11:23 AM PDT

Petrus Fatlolon Sampaikan Kuliah Umum di Fakultas Hukum Unpatti,AMBON, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Fatlolon sampaikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019 Fakultas Hukum Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon pada Selasa (4/9).

Kuliah dengan tema "Tantangan dan Peluang Blok Masela bagi Generasi Muda Maluku" diikuti dengan begitu antusias oleh para mahasiswa.

Bupati berpesan agar generasi muda Maluku khususnya yang sementara menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Pattimura untuk belajar dengan giat, mengembangkan diri agar nantinya tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

Selanjutnya sebagai tindaklanjut dari penandatanganan MoU antara Bupati Fatlolon dan Rektor Universitas Pattimura Ambon pada tahun 2017 yang lalu di Saumlaki, maka Pemerintah Daerah melalui SKPD terkait melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan beberapa Fakultas di Unpatti.

Kerjasama dilakukan dengan Fakultas Perikanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran. Kerjasama ini berkaitan dengan peningkatan SDM masyarakat Tanimbar, maupun berbagai aspek yang dapat mendukung proses pembangunan di Kepulauan Tanimbar.

Penandatanganan ini diharapkan juga akan melibatkan fakultas lainnya yang akan turut berkontribusi membangun MTB. (HumasMTB)

Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno Siap Dilantik pada 11 Maret 2019

Posted: 04 Sep 2018 10:24 AM PDT

Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno Siap Dilantik pada 11 Maret 2019AMBON, LELEMUKU.COM - Irjen Pol (purn) Drs. Murad Ismail dan Drs. Barnabas Nathaniel Orno akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gu­bernur Maluku yang baru pada 11 Maret 2019, mendatang.

Menurut Kepala Biro Peme­rintahan Pemerintah Provinsi Maluku, Jasmono, hal ini terungkap dari surat usulan pelantikan gubernur dan wa­gub Maluku terpilih telah resmi diterima Sekretaris Dirjen Otda, Akmal Malik.

"Berkas itu diterima oleh Sekretaris Dirjen Oto­nomi Daerah Kemendagri Akmal Malik. Pelantikan akan dilaksanakan serentak tetapi bertahap. Khusus untuk Maluku direncanakan 11 Maret 2019" ujar Jasmono pada Senin (3/9).

Ia mengatakan secara resmi surat usulan penge­sahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Terpilih itu sudah disampaikan secara langsung oleh Pimpinan DPRD Maluku dan Pemprov melalui Sekda Maluku Hamin Bin Thaher kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pertemuan tersebut, kata Jasmono, juga mendiskusikan terkait dengan rencana pelantikan gubernur dan wakil gubernur Maluku terpilih sesuai dengan UU No 10 tahun 2018. Sehingga dari penjelasan Sekretaris Dirjen Otda, bahwa telah diedarkan surat kepada masing-masing pamerintah kabupaten, kota dan provinsi.

Namun demikian, pelantikan tanggal 11 Maret 2019 itu akan disesuaikan dengan agenda Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mengingat pelantikan akan dilangsungkan di Jakarta.

Sementara menyangkut pelantikan Walikota - Wakil Walikota Tual Adam Rahayaan dan Usman Tamnge  serta Bupati - Wakil Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Taher Hanubun dan Petrus Beruatwarin kata Jasmono, juga sudah disampaikan ke Mendagri.

"Karena akhir masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Tual dan Bupati - Wakil Bupati Maluku Tenggara berakhir pada tanggal 31 Oktober 2018, maka sesuai dengan surat edaran Mendagri, rencana pelantikannya akan dilaksanakan pada 20 Desember 2018," tegas Jasmono. (Rakyat)

Festival Pesona Bupolo 3 Promosikan Wisata di Buru Melalui Multisport

Posted: 04 Sep 2018 03:47 AM PDT

Festival Pesona Bupolo 3 Promosikan Wisata di Buru Melalui MultisportNAMLEA, LELEMUKU.COM - Gencar mempromosikan potensi-potensi pariwisata di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru melalui Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Kodim 1506/Namlea melaksanakan Kompetisi multisport renang dan lari.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk  kedua kalinya ini berlangsung di Bupolo Aquathlon, Kawasan Pantai Wisata Jikumerasa. Ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Pesona Bupolo 3 tahun 2018 yang akan di laksanakan pada tanggal 14 oktober 2018 mendatang.

Direncanakan  Lomba renang menjadi yang pertama dilakukan dengan jarak tempuh sepanjang 500 meter, kemudian dilanjutkan dengan lomba lari sepanjang 5 kilometer untuk peseta umum dan VIP, kemudian lari jarak 10 kilometer untuk peserta propesional.

Batas jumlah peserta yang ikut dalam kompetisi ini adalah 360 peserta yang akan memperebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah yang terbagi atas 100 perseta umum, 100 peserta TNI/POLRI, 100 peserta propesional dan 60 peserta VIP .

Dalam kegiatan ini para peserta dan penonton akan di manjakan dengan keidahan pantai jikumerasa dan di meriahkan oleh artis dan band lokal. (DiskominfoBuru)

Pemdes Namlea Gelar Sunat Massal untuk Masyarakat Kurang Mampu

Posted: 04 Sep 2018 03:26 AM PDT

Pemdes Namlea Gelar Sunat Massal untuk Masyarakat Kurang MampuNAMLEA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku menggelar acara sunat massal untuk masyarakat kurang mampu di Aula Kantor Desa Namlea pada Sabtu (1/9).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Namlea Karim Wamnebo, SH, Kepala Desa Namlea Kasan Wamnebo, ibu-ibu PKK dan pengurus Pokja Kesehatan, para Kepala Dusun Desa Namlea dan para Pendamping dan Orang Tua Peserta Sunat Masal.

Para peserta yang mengikuti sunat masal ini berjumlah 50 orang yang berasal dari tuju dusun yang ada di Desa Namlea, tiap-tiap dusun di wakili oleh 7 orang peserta.

Kegiatan yang tertuang didalam APBDes  anggaran dana desa tahun 2018 oleh pemerintah desa namlea  kegiatan sunat masal ini adalah bentuk dari pemberdayaan sehingga masyarakat Desa Namalea juga ikut secara langsung  merasakan dana desa, Ini merupakan kepedulian dari pemerintah desa namlea terhadap warganya. (DiskominfoBuru)

Damkar MTB Padamkan Kebakaran Lahan di Perumahan Lauran

Posted: 04 Sep 2018 02:53 AM PDT

Damkar MTB Padamkan Kebakaran Lahan di Perumahan LauranLAURAN, LELEMUKU.COM - Armada Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada Selasa (4/9) melakukan pemadaman pada kebakaran lahan di samping perumahan gratis di Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Informasi yang diterima Lelemuku.com, kebakaran ini dilaporkan oleh warga perumahan setempat yang mengetahui adanya kebakaran lahan dengan api dengan skala cukup besar pada pukul 14.35 WIT.

Hal ini ditanggapi dengan melakukan operasi pemadaman kebakaran yang terjadi di samping lokasi perumahan gratis ini dipimpin oleh Kasie Pemadam Kebakaran, Julianus Batmomolin, SE.

Damkar MTB Padamkan Kebakaran Lahan di Perumahan LauranSementara armada yang diturunkan untuk melakukan upaya pemadaman terdiri dari 2 Unit Mobil Damkar dan 1 Unit Mobil Suplay Air Damkar.

Pukul 16.20.WIT, api akhirnya dapat dipadamkan, kemudian dilakukan upaya pendinginan. Setelah dipastikan tidak ada lagi titik api pada lokasi tersebut, Armada Pemadam Kebakaran meninggalkan lokasi dan kembali ke Kantor Bupati MTB.

Meski lokasi kebakaran tersebut berada dekat dengan perumahan, dilaporkan tidak ada kerugian maupun materill yang diderita oleh warga sekitar. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel