-->

Dampingi Tim Garuda Select, Bima Sakti Terbang ke Inggris

Dampingi Tim Garuda Select, Bima Sakti Terbang ke Inggris


Dampingi Tim Garuda Select, Bima Sakti Terbang ke Inggris

Posted: 31 Jan 2019 03:12 PM PST

 Dampingi  Tim Garuda Select, Bima Sakti Terbang ke InggrisJAKARTA, LELEMUKU.COM - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16 Bima Sakti akan berangkat ke Inggris pada Kamis (31/1). Ia akan mendampingi tim Garuda Select yang sudah lebih dulu berangkat ke Inggris pada 15 Januari 2019.

Garuda Select merupakan program hasil kerja sama PSSI dengan Super Soccer TV. Program ini direncanakan brlangsung selama 10 tahun. Untuk angkatan pertama yang berangkat yakni pemain dengan level usia rata-rata di bawah usia 17 tahun.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh PSSI. Ia menyebut akan semaksimal mungkin untuk mengambil ilmu dari Inggris. Nantinya, Bima bakal berada di Inggris selama enam bulan. Mantan pemain Timnas Indonesia era 2000'an tersebut akan terus mendampingi dan mengikuti program latihan yang diberikan untuk para pemain Garuda Select.

"Saya mendapat informasi dari pelatih-pelatih lain. Saya melihat program-programnya luar biasa dan saya melihat video-video mereka di sana. Terlihat sangat enjoy mengikuti pelatihan di Inggris," kata Bima.

"Saya pikir ini hal baru buat kami dengan membentuk sebuah tim yang solid dari tahapan fisik ke tahapan berikutnya," tambahnya.

Sementara, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyebut Bima akan jadi asisten pelatih Des Walker. Mantan pilar Nottingham Forest merupakan orang yang ditunjuk sebagai pelatih tim Garuda Select.

Tisha menjelaskan Bima bukan satu-satunya pelatih Indonesia yang berangkat ke Inggris. Satu bulan sebelumnya, tiga pelatih terpilih dari program Elite Pro Academy Liga U-16 yang bekerjasama dengan Super Soccer TV yakni Ilham Ramadhona asal Barito Putera, I Gede Mahatma Dharma dari Bali United dan Sofyan Hadi dari Persija Jakarta yang sudah terlebih dahulu di sana.

"Nantinya, khusus untuk coach Bima akan berbeda program pelatihannya dari tiga pelatih lainnya. Coach Bima menjadi observer dari coaching lisense di FA mewakili PSSI. Kemudian tak kalah penting coach Bima juga kami jadwalkan akan pulang ke Indonesia untuk menyiapkan timnas U-16," ujar Tisha.

"PSSI ingin memberikan kesempatan kepada para pemain dan pelatih untuk memiliki pengalaman berlatih, belajar dan bertanding di luar negeri," tukasnya. (PSSI)

NATO Minta China Perlakukan Secara Adil Warga Kanada yang Ditahan

Posted: 31 Jan 2019 03:10 PM PST

NATO Minta China Perlakukan Secara Adil Warga Kanada yang Ditahan BRUSSEL, LELEMUKU.COM - Sekjen NATO Jens Stoltenberg telah menyerukan China agar memperlakukan dua warga negara Kanada yang ditahan "secara adil dan sesuai dengan proses hukum."

Stoltenberg, Kamis (31/1) mengatakan ia mengikuti perkembangan situasi dua warga Kanada yang ditahan di China, Desember lalu dengan perasaan prihatin. Ini adalah pernyataan terbuka pertamanya mengenai kasus tersebut.

Ia meminta Beijing agar mengatasi kekhawatiran Kanada, yang menginginkan kedua warganya itu dibebaskan dengan segera.

Kedua warga Kanada itu ditahan, tampaknya sebagai pembalasan atas penangkapan seorang warga China yang menjadi eksekutif terkemuka Huawei.

Stoltenberg juga mengatakan ia memperkirakan sekutu-sekutu akan menandatangani kesepakatan diterimanya Makedonia sebagai anggota NATO setelah negara itu setuju untuk mengubah namanya, di tengah-tengah perselisihan puluhan tahun dengan Yunani.

Ia mengatakan bahwa pada waktu Makedonia menjadi anggota NATO, negara itu akan "berperan bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan dan juga di Eropa."  (VOA)

Bank Modern Express Serahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi Berhadiah

Posted: 31 Jan 2019 02:27 PM PST

Bank Modern Express Serahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi BerhadiahSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Modern Express Cabang Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menyerahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi Berhadiah kepada 15 pemenang  undian periode I di Kantor Bank tersebut pada Kamis (31/1).

Menurut Kepala Kantor BPR Modern Express Cabang Saumlaki, Stepanus D. Leunupun program undian berhadiah gratis ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama ditujukan kepada nasabah yang tetap mempertahankan saldo tabungan di atas Rp3 Juta Rupiah pada periode Bulan Oktober hingga Desember 2018 yang sudah diundi per tanggal 18 Januari 2019 lalu di Kantor Bank Modern Express Pusat, Ambon.

Bank Modern Express Serahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi BerhadiahKemudian tahap yang kedua dilakukan pada periode Bulan Januari hingga Maret 2019 yang pengundiannya akan dilakukan pada Bulan April 2019 dan tahap ke tiga pada periode Bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019 yang akan diundi pada Bulan April 2019 dengan hadiah utama.

"Periode pertama dan kedua merupakan hadiah hiburan sedangkan tahap ke tiga itu hadiah utama yaitu dua buah sepeda motor. Ini bentuk apresiasi kami terhadap kepercayaan dari masyarakat disini," ujar dia saat menyampaikan sambutan.

Leunupun mengatakan tujuan program undian berhadiah itu untuk meningkatkan loyalitas dari para nasabah agar lebih meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap pelayanan Bank Modern Express.

"Kami mengucap syukur karena memang selama ini bapak-ibu sudah setia terhadap kami. Dengan adanya bapak dan ibu ditetapkan sebagai pemenang ini semoga hubungan antara bapak dan ibu serta masyarakat disini dengan kami akan semakin erta lagi,"  katanya.

Kepala Kantor BPR Modern Express Cabang Saumlaki ini pun berharap di 6 tahun keberadaan Bank Modern Express sejak Bulan Oktober Tahun 2012 di Bumi Duan Lolat itu dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik pada nasabah dan calon nasabah, sehingga Bank itu dapat diakui sebagai 'solusi perbankan yang tepat' bagi  masyarakat Tanimbar.

"Enam tahun yang lalu pada saat kami mengambil keputusan untuk melakukan ekspansi dengan membuka cabang saumlaki pada tahun 2012 dengan harapan bahwa  kehadiran kami disini akan menjadi solusi yang cepat bagi masayarakat disini sesuai dengan slogan yang kami punya bahwa kami akan menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat dimanapun kami berada," harapnya.

Bank Modern Express Serahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi BerhadiahSementara itu salah satu pemenang undian tersebut, Maria Kanety mengungkapkan menerima hadiah tersebut adalah hal yang tidak terbayangkan dan berharap Bank Modern Express dapat selalu menjadi Bank yang bertumbuh, sehat dan mandiri dengan pelayanan prima bagi masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Maluku, khususnya di Tanimbar.

"Tidak terbayangkan saya bisa menjadi menjadi pemenang saat ini. Harapannya program seperti ini bisa berjalan terus, Bank Modern Express mampu selalu tingkatkan kerjasama dengan nasabah dan memberikan bentuk pelayanan yang terbaik ke depannya," ungkap dia.

Bank Modern Express Serahkan Hadiah Semarak Tabungan Solusi BerhadiahAcara berlanjut dengan penyerahan hadiah dalam bentuk simbolis dan penandatangan berita acara serah terima barang. Berikut nama-nama pemenang undian berhadiah BPR Modern Express Periode I Feninlampir Dorkas mendapat hadiah emas logam mulia 5 gram senilai Rp3.262.500, Dirk Dominggus Beruat mendapat hadiah HP Samsung J7 Core senilai Rp2.450.000, Maria Kanety mendapat hadiah mesin cuci Sharp 2 tabung Kg senilai Rp1.900.000, Etto Batfutu mendapat hadiah Sepeda Elegance senilai Rp2.500.000, Loisa Batserin mendapat hadiah TV LG LED 21 senilai RP2.600.000.

Kemudian Hermina Lololuan Boina, Monika Watumlawar, Paskalina Batlayeri, Grice Lamers, Salmon Bakker, Robertus Samangun, Helena Ngimele, Diana Latuheru, Monika Tan dan Apsalina Penina Emola Soukotta mendapat tabungan solusi sebesar Rp250 Ribu. (Laura Sobuber)

Persija Jakarta Siap Menjalani Laga Kedua di Batam

Posted: 31 Jan 2019 02:05 PM PST

 Persija Siap Menjalani Laga Kedua di BatamJAKARTA, LELEMUKU.COM - Persija Jakarta akan melakoni laga leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia melawan tuan rumah 757 Kepri Jaya di Stadion Citra Mas, Batam, Kamis, 31 Januari 2019. Sebelumnya pada leg perdana pada 23 Januari 2019 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi lalu, Persija menang besar dengan skor 8-2.

Pelatih Persija, Ivan Kolev mengaku persiapan timnya sudah ideal jelang laga melawan 757 Kepri Jaya. Ismed Sofyan, dkk sudah melakukan persiapan dengan baik dan mampu mengikuti setiap perintah yang diinginkan.

"Kita sekarang persiapan fokus ke tim kita sendiri, itu yang paling penting. Kita coba naik ke kondisi tim kita supaya bisa bersaing dengan setiap tim lain," kata Ivan Kolev.

Pelatih asal Bulgaria ini kembali menegaskan kalau timnya pantang meremehkan lawan. Mereka akan tetap tampil serius meskipun sudah memiliki modal kemenangan besar di leg perdana lalu.

"Ya, kita ingin semua pemain dalam kondisi terbaik," jelas Kolev. "Piala Indonesia penting bagi kami karena itu pemain harus tetap fokus ke pertandingan, yang pasti kami akan bermain bagus. Kalau main bagus tentunya kita bisa menang di pertandingan nanti," tutupnya. (PSSI)

Daratan Amerika Serikat Kembali Dilanda Cuaca Dingin Ekstrim

Posted: 31 Jan 2019 02:04 PM PST

Daratan Amerika Serikat Kembali Dilanda Cuaca Dingin EkstrimWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Ratusan juta warga Amerika hari Kamis mencari perlindungan dari suhu terdingin yang pernah tercatat di daratan Amerika Serikat.

Para pejabat menyatakan suhu di bawah titik beku tercatat di 85 persen wilayah Amerika Serikat kecuali Alaska dan Hawaii.

Di Grand Chute, Wisconsin, sepanci air mendidih yang dilempar ke udara langsung menjadi awan salju.

Para pakar meteorolgi menyebut cuaca dingin itu diakibatkan olehpolar vortex,udara dingin di atas Kutub Utara yang bergerak ke Selatan melintasi Amerika Utara karena dorongan panas gurun dari Afrika Utara.

Namun cuaca dingin pekan ini akan tinggal menjadi kenangan dalam beberapa lagi, karena menurut prakiraan cuaca, suhu di bagian tengah hingga pantai timur Amerika akan naik menjadi berkisar antara 4 hingga sekitar 10 derajat Celsius. (VOA)

Uni Eropa akan Umumkan Program Hindari Sanksi AS Terkait Iran

Posted: 31 Jan 2019 02:02 PM PST

Uni Eropa akan Umumkan Program Hindari Sanksi AS Terkait IranBRUSSEL, LELEMUKU.COM - Tiga negara Eropa diperkirakan akan segera mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan cara bagi Iran untuk bisa melanjutkan perdagangan dengan mereka dan menghindari sanksi-sanksi AS yang diberlakukan kembali, kata dua pejabat Iran.

Langkah yang berpotensi akan berbenturan dengan pendekatan maksimalis Presiden Donald Trump terhadap Teheran itu digelar Perancis, Jerman dan Inggris.

Pada intinya, menurut media-media di Jerman, ketiga negara itu akan menciptakan sebuah perusahaan negara, yang dikenal sebagaispecial purpose vehicle(SPV) yang memungkinkan Iran melakukan transaksi perdagangan kebutuhan-kebutuhan vital, seperti obat-obatan dan makanan. SPV juga memungkinkan perusahaan-perusahaan yang melakukan transaksi dengan Iran, secara teori, terlindungi dari sanksi-sanksi Amerika.

Menteri-menteri luar negeri Uni Eropa akan melangsungkan pertemuan Kamis (31/1) di Bucharest, Rumania. Sejauh ini belum ada pengakuan mengenai pembentukan SPV untuk perdagangan itu. Namun, Menteri Luar Negeri BelgiaDidier Reyndersmengatakan, Uni Eropa ingin terus mendukung kesepakatan nuklir.

"Hal paling penting yang ingin kami tunjukkan ke sejawat-sejawat kami di Amerika bahwa kita sependapat dalam serangkaian isu seperti misil balistik dan pengaruh regional Iran, namun kami berbeda pendapat dalam hal kesepakatan nuklir," katanya.

Abbas Araghchi,wakil menteri luar negeri Iran, mengatakan kepada televisi pemerintah Iran, Kamis, ia memperkirakan SPV akan siap beroperasi dalam satu atau dua bulan lagi. Dubes Iran untuk InggrisHamid Baeidinejad,lewat cuitannya di Twitter meyakini, program itu akan dimulai segera. (VOA)

Muhammad Nur, Terdakwa Kasus Pembacokan Wartawan Bogor Divonis 4 Tahun

Posted: 31 Jan 2019 02:02 PM PST

Muhammad Nur, Terdakwa Kasus Pembacokan Wartawan Bogor Divonis 4 TahunCIBINONG, LELEMUKU.COM - Sidang putusan kasus penganiayaan terhadap wartawan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, terdakwa divonis dengan menjalani kurungan pidana selama 4 tahun penjara.

Hal itu sebagaimana disampaikan, Hakim Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Klas I A, saat membacakan putusan vonis terhadap terdakwa di ruang sidang utama.

Menurut hakim ketua Chandra Gautama, ia menyebutkan jika perbuatan terdakwa Muhammad Nur alias Roni terbukti bersalah dengan melakukan tindak pidana penganiayaan berat terhadap korban WD di wilayah Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 4 Agustus 2018, yang mengakibatkan korban mengalami luka cacat seumur hidup di bagian tangan kanannya.

"Kami, hakim ketua dan kedua hakim anggota, merasa sependapat dengan jaksa penuntut umum untuk memutus hukuman kepada terdakwa dengan vonis selama 4 tahun penjara," kata hakim ketua Chandra saat membacakan putusan, Rabu (30/1).

Namun, lanjut dia, dirinya memberikan kesempatan kepada terdakwa dan keluarga bila tidak terima dengan putusan tersebut. Majelis hakim juga sempat memberi waktu selama sepekan untuk terdakwa apakah menerima atau banding.

"Pikir-pikir dulu yah, apakah terdakwa keberatan dan mengajukan banding atas putusan kami, dan kami beri waktu selama 7 hari. Tapi, jika selama waktu itu tak ada jawaban dari terdakwa kami nyatakan terdakwa menerima putusan kami," tegas hakim ketua.

Sementara itu, korban WD mengaku masih kurang puas terhadap putusan majelis hakim PN Cibinong atas kasus penganiayaan yang dialaminya tersebut. Pasalnya, dalam tindak pidana sebagaimana pasal 351 ayat 2 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), terdakwa dituntut dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara sesuai perbuatannya.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam pengungkapan dan pencarian terduga pembacok wartawan WD ini, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) telah turut membantu secara langsung melalui koordinasi dengan pihak Polres Bogor serta jaringan PPWI di lapangan. Oknum pembacok bernama Roni sempat buron selama berbulan-bulan, namun akhirnya dapat diamankan petugas di tempat persembunyiannya di kampungnya di Nusa Tenggara Barat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA yang telah membantu dan mensuport saya dalam pengungkapan dan penyelesaian kasus pembacokan yang saya alami," ujar korban WD yang merupakan wartawan di media Metropol.

Sebelumnya, peristiwa pembacokan atau penganiayaan itu terjadi di salah satu rumah makan di wilayah Cikaret, Bogor, pada awal Agustus tahun lalu menyebabkan luka permanen pada tubuh korban WD sehingga kesulitan melakukan aktivitas kewartawanannya. Peristiwa itu sempat menjadi pemberitaan ramai, terutama di media-media online. (Albert Batlayeri)

Donald Trump akan Bertemu Ketua Tim Perunding Perdagangan China

Posted: 31 Jan 2019 01:32 PM PST

Donald Trump akan Bertemu Ketua Tim Perunding Perdagangan ChinaWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Donald Trump akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Gedung Putih, Kamis (31/1), hari terakhir perundingan putaran kedua yang bertujuan untuk menyelesaikan perang dagang yang sedang berlangsung antara kedua adidaya ekonomi itu.

Liu He, ketua tim perunding perdagangan China, hari Rabu (30/1) bertemu dengan para perunding Amerika yang dipimpin Perwakilan Perdagangan Amerika Robert Lighthizer di gedung Kantor Eksekutif yang bersebelahan dengan Gedung Putih, untuk melanjutkan pembahasan mengenai keluhan lama Washington bahwa Beijing memaksa perusahaan-perusahaan Amerika untuk mentransfer kemajuan teknologi mereka ke perusahaan-perusahaan China dan bahwa Beijing membatasi akses Amerika ke pasar China yang luas.

Pembicaraan itu terancam dibayang-bayangi oleh dakwaan para jaksa Amerika pada hari Senin lalu terhadap Meng Wanzhou, eksekutif keuangan perusahaan telekomunikasi raksasa China, Huawei Technologies. Menurut dakwaan tersebut, Meng, Huawei dan afiliasi perusahaan tersebut bersekongkol melanggar sanksi-sanksi Amerika terhadap Iran, dan mengelabui berbagai lembaga keuangan serta pemerintah Amerika mengenai aktivitas mereka. China berang atas penangkapan Meng di Vancouver oleh pihak berwenang Kanada pada 1 Desember lalu untuk diekstradisi ke Amerika Serikat.

Perundingan perdagangan ini merupakan hasil kesepakatan bulan lalu antara Presiden Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk menghentikan perang tarif antara kedua negara selama 90 hari, terhitung mulai 1 Januari lalu.

Pemerintahan Trump telah memberlakukan tarif hukungan terhadap produk-produk impor China senilai 250 miliar dolar untuk memaksa Beijing agar mengubah praktik-praktik perdagangannya. Hal tersebut mendorong Beijing melakukan tindakan balasan dengan meningkatkan tarif terhadap produk ekspor bernilai 110 miliar dolar dari Amerika.

Jika tidak ada kesepakatan dicapai pada 2 Maret, tarif Amerika akan naik dari 10 persen menjadi 25 persen. (VOA)

Zulkieflimansyah Nilai Program Beasiswa Belajar Luar Negeri di NTB Kian Baik

Posted: 31 Jan 2019 01:30 PM PST

Zulkieflimansyah Program Beasiswa Belajar Luar Negeri di NTB Kian BaikMATARAM, LELEMUKU.COM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr.H.Zulkieflimansyah mengatakan Program Beasiswa belajar keluar negeri yang dijalankan pemerintah daerah saat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Beberapa waktu yang lalu pemprov telah memberangkatkan mahasiswa ke Polandia dan saat ini akan memberangkatkan tenaga medis untuk belajar ke Korea.

Meski demikian gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini sangat menginginkan mahasiswa yang lulus seleksi bea siswa keluar negeri di prioritaskan yang punya semangat belajar  tinggi meski keterampilan bahasanya masih tingkat dasar.

Penegasan itu disampaikan gubernur pada  rapat singkat dengan Kadis Dikbud NTB H.Muh.Suruji, Rabu (30/1)

Menurut gubernur dengan modal semangat yang kuat mahasiswa yang ingin belajar keluar negeri akan lebih mudah menjalani proses belajar dengan baik

"Saya ingin jangan sampai anak NTB yang punya kemampuan bahasa minim tidak jadi berangkat". tegas Bang Zul

Untuk itu gubernur mengingatkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB agar memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar ke luar negeri dengan menyiapkan peserta melalui pelatihan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB H .Muh.Suruji mejelaskan program beasiswa keluar negeri pemerintah daerah telah berlangsung selama 4 tahun, namun saat ini gubernur memerintahkan agar pelaksanaannya ditingkatkan lagi sehingga pemuda di NTB lebih banyak lagi belajar keluar negeri.

Ia menambahkan peserta yang berminat saat ini sudah mencapai angka 1700.  Mereka akan melewati seleksi kesehatan dan bagi yang sudah siap akan di bekali pelatihan bahasa asing gratis. (DiskominfotikNTB)

Wiranto Tegaskan Komitmen Pemerintah Berantas Pencucian Uang dan Pendanaan Teroris

Posted: 31 Jan 2019 01:25 PM PST

Wiranto Tegaskan Komitmen Pemerintah Berantas Pencucian Uang dan Pendanaan TerorisJAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan bahwa pemerintah Indonesia akan selalu berkomitmen untuk mencegah serta memberantas pencucian uang dan pendanaan teroris.

"Indonesia sendiri telah memenuhi kriteria "memuaskan" dari Rekomendasi Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF)," kata Polhukam Wiranto dalam acara Egmont Meeting Group 2019 di Jakarta, Rabu (30/1) malam.

Menurut Menko Polhukam, Indonesia memiliki sistem pemerintahan yang berkembang dengan baik dan kuat untuk secara efektif memerangi pencucian uang dan pendanaan teroris. Ini ditunjukkan dalam hasil Laporan Evaluasi Bersama Indonesia yang diterbitkan oleh APG (Asia Pacific Group) pada bulan September 2018.

"Hasilnya adalah Rekomendasi FATF mendapat peringkat 29 yang dinilai patuh dan Immediate Outcome 6 tingkat substansial," ujar Wiranto.

Bagi Indonesia, kata Menko Polhukam, pertemuan ini memiliki makna yang sangat strategis karena tidak hanya untuk meningkatkan peran Indonesia dalam organisasi, tetapi juga memperkuat upaya Indonesia untuk memenuhi komitmennya sendiri dengan menjadi anggota FATF.

Menko Polhukam Wiranto mengaku bersyukur bahwa Indonesia dapat bekerja dengan Grup Egmont yang memainkan peran penting dalam proses pertukaran data dan informasi tentang pencucian uang dan pendanaan teroris di antara yurisdiksi.

"Saat ini kami terus menghadapi tantangan yang berkembang dari skema pencucian uang dan pendanaan teroris yang lebih canggih. Oleh karena itu, kerja sama antara negara dan yurisdiksi menjadi kebutuhan mutlak dalam mengatasi tantangan ini," kata Menko Polhukam.

Ditegaskan Wiranto, kita perlu lebih meningkatkan berbagi informasi lintas batas dan antar lembaga oleh semua pihak terkait, seperti FIU (Financial Inteligence Unit), lembaga penegak hukum dan sektor swasta untuk mendeteksi para aktor di belakang layar dengan menerapkan metode "follow the money" yang pada akhirnya akan meminimalkan ancaman teroris di mana-mana. (Setkab)

Tak Berhentikan PNS Terlibat Tipikor, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kena Sanksi

Posted: 31 Jan 2019 01:19 PM PST

Tak Berhentikan PNS Terlibat Tipikor, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kena SanksiJAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Pusat akan memberikan sanksi tegas bagi Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang tidak segera memberhentikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terlibat tindak pidana korupsi (Tipikor) yang sudah berkekuatan hukum tetap (BHT).

Pemberian sanksi itu merupakan bagian dari kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan antara Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian PANRB, Kemendagri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Mahkamah Agung, dan Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Selasa (29/1) lalu.

Kepala Biro Humas BKN Mohamad Ridwan mengemukakan, berdasarkan data BKN terhadap PNS terlibat Tipikor BHT per tanggal 29 Januari 2019 tercatat dari total 2.357 PNS Tipikor BHT 20,28% sudah dijatuhi pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) atau sebanyak 478 PNS, dengan rincian 49 PNS Kementerian/Lembaga (K/L) dan 429 PNS daerah.

"Untuk mempercepatan proses PTDH terhadap PNS Tipikor oleh PPK instansi masing-masing, dalam waktu dekat akan diterbitkan edaran bersama tentang pemberian batas waktu tambahan bagi PPK untuk menerbitkan SK PTDH dan sanksi tegas bagi PPK yang tidak memberhentikan PNS Tipikor BHT," jelas Moh Ridwan, dalam siaran persnya Kamis (31/1) siang.

BKN sendiri mengapresiasi PPK yang telah memberhentikan 873 PNS Tipikor BHT di luar data ke-2.357 PNS tersebut, dengan rincian 75 PNS K/L dan 598 PNS daerah.

Sesuai Pasal 87 ayat (4b) Undang-Undang Nomo 5 Tahun 2014 tentang  Aparatur Sipil Negara (ASN) ditegaskan, bahwa PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum, termasuk tindakan pidana korupsi. (Setkab)

Benhur Tomi Mano Desak Penuntasan Jalan Putus di Samping Kantor Walikota Jayapura

Posted: 31 Jan 2019 01:06 PM PST

Benhur Tomi Mano Desak Penuntasan Jalan Putus di Samping Kantor Walikota JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM – Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua Dr. Benhur Tomi Mano MM, meminta secepatnya pekerjaan jalan putus dipertigaan samping kantor Wali Kota Jayapura.

Dikatakannya usai meninjau lokasi yang sedang dilakukan pekerjaannya, didampingi kepala dinas PUPR PKP Kota Jayapura, Nofdi J. Rampi, dan kepala Bappeda Kota Jayapura Rory Cony H.

Wali Kota menanyakan kepada Dinas PUPR PKP Kota Jayapura untuk segera memperbaiki jalan putus tersebut, dengan melakukan kordinasi yang baik dengan Bappeda, BPBD Kota Jayapura, sehingga seluruh pembangunan sudah melalui prosedur dan standar pembangunan yang baik.

"Jalan putus harus segera diperbaiki secepatnya, supaya masyarakat bisa jalan, dan saya minta harus lakukan perencanaan dengan baik, lakukan kordinasi, komunikasi bersama, supaya hasilnya maksimal,"ungkapnya.

Dari pantauan langsung Wali Kota di lokasi jalan putus pada Rabu 30 Januari lalu, melihat adanya longsor yang rusak beberapa puluh meter, diakibatkan dari air yang terus menggerus permukaan tanah yang melewati gorong-gorong dekat jalan, sehingga kejadian ini merupakan musibah alam.

Semntara itu, untuk mengatasi aliran yang mengarah pada jalan yang putus, Dinas PUPR PKP Kota Jayapura, telah melakukan penanganan sementara untuk pembuatan drainase yang dibuat melintang sebelum jalan putus, dan saat ini telah dilakukan. Upaya ini dilakukan agar menghidari luasnya longsor akibat derasnya air yang mengalir kedaerah longsor.

Dimana nanti bulan februari ini, pekerjaan pembangunan jalan putus juga akan dilakukan perbaikan, sesuai dengan rencana yang telah dirapatan bersama. (HumasKotaJayapura)

Jokowi Temui Ribuan Millenial di Pembukaan Green Fest Tahun 2019

Posted: 31 Jan 2019 01:05 PM PST

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Usai menghadiri pembukaan pembukaan Konsolidasi Jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama  dalam rangka Hari Lahir NU Ke-93,Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung bertemuan ribuan millenial yang menghadiri Pembukaan Green Fest Tahun 2019 di Cendrawasih Room Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (31/1) siang.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, bahwa sekarang ini yang namanya landscape politik global berubah begitu sangat cepatnya. Landscape ekonomi global juga berubah begitu sangat cepatnya. Landscape sosial global juga berubah begitu sangat cepatnya.

Artinya apa, lanjut Presiden, akan ada perubahan yang sangat cepat sekali. Akan ada perubahan dan sudah, sudah dan akan ada perubahan yang sangat cepat sekali di bidang politik, di bidang ekonomi, dan di bidang sosial yang tidak bisa kita hambat dan kita cegah kembali.

Menurut Kepala Negara, yang bisa mengikuti, bisa merespon, bisa mengantisipasi, bisa merencanakan adalah mereka-mereka yang sekarang menjadi generasi millenial. Enggak ada yang lain.

Karena itu, Kepala Negara meminta para millenial untuk terus mengikuti perubahan-perubahan itu, mempelajari terus agar kita tidak ditinggal oleh negara-negara lain.

"Tapi, jangan mengubah kepribadian kita, jangan mengubah karakter keindonesiaan kita. Bangsa kita ini bangsa yang penuh etika, beradab, penuh tata krama, penuh dengan budi pekerti, penuh dengan sopan santun, kesopansantunan. Itu yang jangan sampai hilang karakter keindonesiaan itu," tegas Kepala Negara.

Presiden Jokowi mempersilakan para millenial yang ingin membangun aplikasi sistem, membangun platform sistem, membangun yang offline, membangun yang online, karena sekarang ini terbuka sangat, terbuka sangat dan yang bisa masuk ke tempat-tempat itu sekali lagi adalah para millenial.

Namun Presiden mengingatkan, ada perubahan yang harus kita ikuti, harus kita respon, harus kita antisipasi. Tetapi jangan mengubah karakter keindonesiaan kita.

Apresiasi Ide-Ide Baru


Dalam kesempatan berdialog dengan para millenial yang hadir dalam acara Pembukaan Green Fest Tahun 2019 itu, Presiden Joko Widodo menerima sejumlah ide atau gagasan baru untuk pembangunan bangsa ke depan.

Presiden mengapresiasi ide-ide tersebut, dan mengaku senang karena anak-anak muda mengembangkan daerahnya masing-masing dengan pikiran-pikiran yang baru, dengan ide-ide yang baru, dengan gagasan-gagasan yang baru. "Jangan semuanya masuk kota," ujarnya.

Menurut Presiden dirinya sudah berkelilingi 34 provinsi, hampir 80 persen kabupaten dan kota, 514 kabupaten dan kota, sampai yang paling ujung Indonesia yang namanya Merauke, tapi bukan kota Meraukenya, di perbatasan dengan Papua Nugini.

Yang namanya kabupaten, lanjut Presiden, tidak ada aspalnya dan sangat sulit dijangkau dari Wamena masih jalan kaki 4 hari, yang namanya Kabupaten Nduga. Betul-betul membutuhkan kreasi kreativitas inovasi anak-anak muda karena di situ ada potensi-potensi keunggulan yang bisa dikembangkan.

"Di Wamena itu ada kopi yang sangat, katanya sangat kalau dibuat kopi sangat enak sekali karen udaranya masih fresh, masih segar, enggak ada polusi kopinya juga ikut-ikutan enak," ungkap Presiden.

Presiden menegaskan, sekarang ini kesempatan anak-anak muda untu meraih, merealisasikan gagasan-gagasan, ide, pemikiran yang brilian itu sangat terbuka, dan peluangnya sangat besar sekali.

"Jadi ambillah kesempatan-kesempatan itu, ambillah peluang-peluang itu. Jangan banyak mengeluh, jangan pesimis. Anak-anak muda harus penuh harapan, harus optimis bahwa ke depan negara kita ini akan lebih baik, harus percaya itu," tutur Presiden.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Dirut Bank BRI Suprajarto. (Setkab)

KPU dan Polri Tandatangani MoU Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum

Posted: 31 Jan 2019 12:54 PM PST

KPU dan Polri Tandatangani MoU Bantuan Pengamanan dan Penegakan HukumJAKARTA, LELEMUKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) resmi menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tentang Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilhan Umum Tahun 2019.

Kesepakatan yang ditandatangani Ketua KPU RI, Arief Budiman serta Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian juga sepakat untuk menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ Atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020, di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (30/1).

Berdasarkan MoU tersebut kedua belah pihak menyepakati adanya pertukaran data dan/atau informasi; bimbingan dan penyuluhan; bantuan pengamanan; penegakan hukum di luar tindak pidana Pemilu dan Pemilihan; serta pemanfaatan sarana dan prasarana.

Adapun, penanggung jawab penyelenggaraan MoU dilaksanakan oleh para pihak dengan menunjuk pejabat sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Pihak pertama dalam hal ini KPU pada tingkat pusat menunjuk Sekjen KPU; tingkat provinsi menunjuk Sekretaris KPU Provinsi/ KIP Aceh; tingkat kabupaten/kota menunjuk Sekretaris KPU/KIP kabupaten/kota.

Kemudian tindak lanjut dari penandatangan MoU ini adalah perjanjian kerja sama dan/atau pedoman kerja yang disusun dan tak terpisahkan dengan nota kesepahaman paling lambat tiga bulan sejak ditandatanganinya MoU.

Sekedar informasi, selain Arief Budiman acara tersebut juga dihadiri Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, Evi Novida Ginting, Pramono Ubaid Tanthowi dan Hasyim Asyari serta jajaran Setjen KPU RI. (HupmasKPURI)

35 Tahun Diabaikan, Jokowi Instruksikan Perbaiki SMPN 1 Muara Gembong

Posted: 31 Jan 2019 12:52 PM PST

35 Tahun Diabaikan, Jokowi Instruksikan Perbaiki SMPN 1 Muara GembongCIKARANG, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo beserta rombongan sedianya langsung bertolak kembali menuju Jakarta selepas meninjau program penyambungan listrik gratis di Kampung Biyombong, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 30 Januari 2019.

Namun, saat kepulangan, rangkaian kendaraan Presiden berbelok ke arah yang berbeda. Tak lama kemudian, rangkaian kendaraan Presiden berhenti tepat di depan SMP Negeri 1 Muara Gembong.

Di Muara Gembong, Jawa Barat, sejak pagi Kepala Negara menghadiri panen raya udang vaname di tambak udang yang dikelola berdasarkan izin Perhutanan Sosial. Setelahnya, Presiden meninjau program PNM Mekaar dan penyambungan listrik gratis di Desa Pantai Bakti.

Rupanya, di sela kegiatan tersebut, Presiden mendapatkan pengaduan soal rusaknya bangunan sebuah sekolah yang ada di kecamatan tersebut. Ia pun lantas langsung mendatangi sekolah dimaksud.

"Saya ingin melihat yang saya dengar tadi SMP 1 Muara Gembong ini bangunannya (rusak) parah," kata Presiden.

Kepala Negara juga memperoleh informasi bahwa bangunan sekolah tersebut sama sekali tidak tersentuh pemeliharaan dan perbaikan sejak tahun 1984. Saat didatangi oleh Presiden, tampak sejumlah ruangan belajar dengan cat tembok terkelupas dan plafon yang rusak namun masih digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Di satu ruangan lain, tampak plafon yang ambruk dengan kursi dan meja rusak yang dibiarkan teronggok di sudut ruangan.

"Saya perintahkan ke Pak Menteri PU mulai Maret sudah dikerjakan. Karena siswanya di sini ada 600-an. Banyak sekali siswanya tapi sarana dan prasarananya kita lihat seperti ini," ujarnya.

Bangunan sekolah yang rusak parah tersebut menghalangi kegiatan belajar mengajar murid SMP Negeri 1 Muara Gembong. Untuk menyiasatinya, pihak sekolah sampai harus membagi waktu sekolah para muridnya menjadi kelas pagi dan siang.

"Tadi saya dengar seperti itu, sehingga saya tadi belok ke sini dan benar," ucap Presiden.

Kepala Negara memastikan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat segera melakukan perbaikan terhadap gedung sekolah tersebut.

Dalam peninjauan ini, Presiden didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Setpres)

Sandiaga Uno Didukung Relawan dari Teluk Bintuni dan Fakfak

Posted: 31 Jan 2019 12:37 PM PST

Sandiaga Uno Didukung Relawan dari Teluk Bintuni dan FakfakJAKARTA, LELEMUKU.COM – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno didatangi sejumlah relawan dari Provinsi Papua Barat di Prabowo-Sandi Media Center yang terletak di Jalan Sriwijaya I nomor 35, Jakarta, Kamis (31/2).  

Para relawan yang tergabung dalam Penasihat Tujuh Kepala Suku Kabupaten Teluk Bintuni dan ditemain dengan Ketua Relawan Batu Api, Kabupaten Fakfak, Papua Barat tersebut secara tegas mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.   

"Memang kami adalah timnya wong cilik. Tapi kami adalah timnya masyarakat Kaki Abu. kami datang untuk menyampaikan kepada bapak, bahwa kami siap mendukung bapak dan Pak Prabowo sebagai capres dan cawapees, dan kami siap untuk tekad bulat memenangkan," ujar Ketua Relawan Batu Api, Yusuf Patiran kepada Sandiaga Uno.  

"Dan kami siap dengan tekad bulat memenangkan Pak Prabowo dan Pak Sandi di Papua Barat," imbuhnya.  

Pada kesempatan itu, Sandi juga diberikan sebuah Topi Cendrawasih dan Tas Noken khas Papua sebagai simbol persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia.  

"Falsafah kehidupan yang kami simpulkan dengan songko merah sebagai simbol nasionalisme, agama.  Dan bagi kami orang Indonesia Timur, kain merah di kepala itu adalah simbol nasionalisme, agama dan adat. Istilahnya luas dan menyeluruh, senasib dan sepenanggungan, berjiwa satu, bangsa dan satu negara," terang Yusuf Fatiran.   

Terakhir, para pendukung yang datang dari Papua Barat ke Jakarta atas biaya sendiri tersebut juga berpesan menitipkan amanah kepada Prabowo dan Sandi jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden mendatang.  

"Mudah-mudahan ketika bapak menjabat nanti, bapak akan melihat kita sebagai keluarga. Jadi merah di kepala, putih di hati, saya yakin bendera merah-putih akan berkibar dengan baik dan tenang," tandasnya seraya menjabat tangan Sandi sambil tersenyum. (BPN)

BTM Ungkap TPP, ULP dan Sertifikasi Guru SMK dan SMK ke Provinsi Papua

Posted: 31 Jan 2019 12:27 PM PST

BTM Ungkap TPP, ULP dan Sertifikasi Guru SMK dan SMK ke Provinsi PapuaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Terkait belum dibayarkannya Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP), Uang Lauk Pauk (ULP), serta sertifikasi Guru SMA/SMK sejak tahun 2018, Wali Kota Jayapura DR.Benhur Tomi Mano MM, mengatakan tidak tepat jika dibebankan ke dana Pemerintah Kota Jayapura.

Wali Kota, mengatakan sesuai aturan dan petunjuk dari Kementerian pendidikan, Kementerian Keuangan dan Kementerian dalam negri terkait pengalihan SMA dan SMK dari Pemerintah Kota Jayapura kepada Pemerintah Provinsi Papua telah berlangsung di akhir tahun 2017 kemarin, sehingga pada tahun 2018, Gaji, ULP dan TPP serta sertifikasi guru tidak lagi dianggarkan didalam APBD Pemerintah Kota Jayapura.

"Kami mengikuti aturan dari pusat, sejak tahun 2017-2018 kemarin, pendanaan SMA dan SMK telah dilimpahkan melalui transfer dana dari Pemerintah pusat ke Pemprov Papua, saya bisa contohkan yaitu pada tahun 2017 DAU untuk pembayaran gaji, DAK fisik reguler bidang pendidikan SMA, DAK fisik penugasan bidang pendidikan SMA, dana non fisik, tunjangan profesi guru, tambahan penghasilan guru, tunjangan khusus guru, juga demikian untuk tahun 2019", ujar Wali Kota Ke-5 Kota Jayapura.

Orang nomor satu di Kota Jayapura tersebut juga mengatakan, sangat tidak relevan dengan sistem pengelolaan keuangan daerah, bahwa hak-hak guru SMA/SMK berupa gaji dan Tunjangan profesi guru, tambahan penghasilan guru, dan tunjangan khusus guru SMA/SMK dibayar dan dianggarkan dalam APBD Pemerintah Provinsi, sedangkan TPP dan ULP dibayar dan dianggarkan didalam APBD Pemerintah Kab/Kota.

Dengan demikian pembayaran hak-hak guru SMA/SMK tidak relevan bila anggaran belanja SMA/SMK diakomodir oleh dua Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten dan Kota. (HumasKotaJayapura)

Zulkieflimansyah Gelar Kunjungan Kerja di Bima

Posted: 31 Jan 2019 12:24 PM PST

Zulkieflimansyah Gelar Kunjungan Kerja di BimaBIMA, LELEMUKU.COM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Bima dan Kota Bima, Kamis (31/1). Selain untuk menemui masyarakat di dua daerah paling timur NTB itu, Gubernur juga memperkuat Koordinasi Dan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota tersebut.

Tiba di bandara Sultan Salahuddin Bima, Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul itu disambut Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri dan Walikota Bima, H. M. Lutfi. Doktor Zul kemudian memimpin Rapat terbatas (Ratas) dengan kedua kepala daerah tingkat dua itu bersama sejumlah pejabat terkait.

Dalam Rapat yang digelar di Ruang VIP Bandara kebanggaan masyarakat Bima itu, Gubernur menyampaikan sejumlah arahan. Di antaranya, terkait dengan penyelesaian aset antara pemerintah Kabupaten Bima dengan Kota Bima. 

Gubernur meminta  agar aset kedua daerah itu dibicarakan dengan baik,  hingga dapat menemukan jalan keluar terbaik bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten dan Kota Bima. Untuk itu,  Gubernur yang pernah menjabat Anggota DPR RI dua periode itu memberikan waktu hingga dua minggu ke depan untuk membicarakannya secara internal di level pemerintah kedua daerah itu.  Juga melibatkan seluruh anggota DPRDnya. 

Usai menggelar Ratas itu, Gubernur didampingi Plt. Kepala Biro Humas do Protokol Setda NTB itu, langsung bergerak menuju Desa Rite Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima.

Menempuh perjalanan dari Bandara ke Desa tersebut membutuhkan waktu sekitar satu jam. Menyusuri pantai Kalaki Bima dengan pemandangan air luat yang tenang.  Didukung cuaca sejuk,  Gubernur dan rombongan hanya.

Selepas pantai Kalaki,  Gubernur memasuki perbatasan Kota Bima. Disambut dengan tulisan selamat Datang di Kota Tepian Air,  Gubernur disuguhi pmendangan pulau Kambing yang terletak di Tengah teluk Bima.

Melewati Pantai Kawata Kota Bima,  Gubernur dan Rombongan kota Bima dengan melewati Taman Ama Hami dan Pasar ama Hami yang pernah diresmikan presiden Joko Widodo tahun 2017 lalu.

Membelah Kota Bima sekitar pukul 08.20, Doktor Zul melintasi jalan Kecamatan Asakota Kota Bima yang mengarah ke utara dan keluar dari Kota Tepian Air itu menuju Ambalawi.

Keluar dari Kota Bima,  Gubernur dan rombongan disambut dengan hawa gunung Ambalawi yang sejuk. Bukit yang penuh pepohonan hijau itu memanjakan mata seluruh rombongan yang menemani Gubernur.  Hanya saja,  masih terlihat  sejumlah bukit yang dibabat masyarakat untuk ditanami padi dan jagung.

Tiba di Desa Rite,  sudah berjejar masyarakat di jalan menyambut Gubernur.  Mereka sejak pagi menanti kehadiran orang nomor satu di NTB itu. Gubernur akhirnya turun dari mobil dan menyelami satu persatu masyarakat itu.  Bahkan,  ada masyarakat memeluk gubernur saking gembiranya.

Ratusan masyarakat itu mengiringi kehadiran gubernur dan mengantarnya ke lapangan Desa Rite. (DiskominfotikNTB)

Idris Rahim Jadi Penguji Program Doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Posted: 31 Jan 2019 12:24 PM PST

Idris Rahim Jadi Penguji Program Doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB)BOGOR, LELEMUKU.COM – Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, menjadi penguji luar komisi dalam Sidang Promosi Terbuka Program Doktor atas nama Haryanto Husain, di Gedung Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (31/1).

Dalam Sidang Promosi Terbuka Program Doktor ini Idris Rahim mengajukan pertanyaan terkait konsep pengelolaan wilayah pesisir yang diajukan oleh Haryanto Husain dalam disertasinya yang berjudul 'Model Konseptual Pengelolaan Pesisir Kota Gorontalo Secara Berkelanjutan'. Idris juga mempertanyakan terkait pengimplementasian konsep tersebut.
Baca Juga :  Dirjen Otda : Tak Ada Permasalahan Hukum Lagi Untuk Gubernur Gorontalo

"Untuk lebih menguatkan, saya ingin bertanya sejauh mana implementasi konsep yang bapak ajukan ini dalam pemerintahan di Gorontalo," tanya Wagub Idris Rahim.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Haryanto Husain yang juga sebagai Kepala Bidang Ekonomi Bapppeda Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa konsep yang diajukannya sangat cocok diterapkan dalam pengelolaan sumber daya di pesisir Gorontalo yang memiliki wilayah pesisir yang cukup luas.

"Setelah melakukan beberapa penelitian, melalui metode pendekatan secara langsung maupun observasi, saya melihat bahwa kebijakan yang digunakan oleh setiap daerah di Provinsi Gorontalo itu selalu berpatokan pada instruksi pimpinan, seperti Gubernur," jelasnya.

Maka dari itu, kata Haryanto Husain dalam mengembangkan sumber daya pesisir, yang pertama harus dilakukan yaitu menata struktur kepemimpinan, termasuk aturan-aturan yang dapat mendukung pembangunan daerah pesisir.
Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Bantu Korban Banjir Gorut

Turut hadir dalam Sidang Promosi Terbuka Program Doktor tersebut, Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si., beserta jajaran pembimbing dan penguji, Kepala Badan Penghubung Provinsi Gorontalo, Arfan Sery Jusuf, serta sejumlah mahasiswa Pascasarjana IPB. (HumasGorontalo)

Sandiaga Uno Klaim Miliki Kedekatan dengan Demak

Posted: 31 Jan 2019 12:16 PM PST

Sandiaga Uno Klaim Miliki Kedekatan dengan DemakDEMAK, LELEMUKU.COM - Sandiaga  Salahuddin Uno mengaku punya akar dan kedekatan dengan Demak dari pihak keturunan ibunya, Mien Rahman Uno. Hal ini disampaikannya ketika menutup kunjungannya ke Demak dengan  bersilaturahmi ke Ponpes Putra Putri Roudlotul Chuffadh Wal Qurro di Gempol, Jatirogo, Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. (Kamis, 31/1) 

"Demak buat saya punya ketarkaitan historis.  karena kakek saya ada keturunan Demak  dari ibu. Di sini jugalah lambang perubahan dan keinginan untuk hidup lebih baik terbentuk. Pati Unus alias Pangeran dari  Sebarang, berani menantang bangsa-bangsa utara. Dari sini jugalah untuk pertama  kalinya, Jawa punya nyali menantang Portugis dan menyerbu Malaka, Pati Unus  adalah inspirasi," jelasnya. 

Sandi diterima dengan hangat oleh pengasuh ponpes KH. Maskuri Abdul Qodir. Sang kyai sampai meneteskan airmata ketika memeluk calon wakil presiden nomor urut 02 ini.l. Dan memeluk lama eks wakil gubernur DKI tersebut. 

Dalam  sambutannya Sandi menyatakan tidak berkampanye karena ada larangan untuk menyampaikan visi misi di lembaga pendidikan. Dia hanya mengingatkan potensi  para santri untuk meningkatkan ekonomi masyarakat  sekitarnya. 

"Para santri  merupakan potensi besar untuk meningkatkan ekonomi bangsa. Para santri harus melek usaha, para santri jika sudah lulus jangan cari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja. Bangun desanya dengan kreatif dan melihat peluang usaha. Indonesia kaya, you can do it," ucap Sandi dan di jawab para santri dengan "yes we can."  (BPN)

Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya Dukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Posted: 31 Jan 2019 12:15 PM PST

Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya Dukung Prabowo Subianto dan Sandiaga UnoCIBINONG, LELEMUKU.COM – Sebanyak 2500 purnawirawan TNI/Polri dari seluruh tingkatan dan 300 Purnawirawan Jenderal yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) mendatangi kediaman Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Hambalang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis (31/1).  

Kehadiran mereka dalam rangka memberikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno untuk memenangkan Pilpres 2019 ini.  

Dalam pertemuan tersebut, Capres Prabowo Subianto mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para seluruh purnawirawan TNI-Polri dan para purnawirawan Jenderal yang ikut bergabung bersamanya dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Menurut Prabowo, tidak ada istilah pensiun bagi seorang prajurit untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan ikut berjuang mensejahterahkan rakyat Indonesia.  

"Terimakasih atas kehadiran dan dukungannya yang diberikan kepada saya dan saudara Sandiaga Uno. Mari kita berjuang bersama mewujudkan cita-cita pendiri bangsa kita menciptakan Indonesia yang adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena tidak ada istilah pensiun bagi prajurit untuk membela rakyatnya yang lemah," ungkap Prabowo dalam pidatonya dihadapan purnawirawan TNI-Polri.  

Prabowo menjelaskan, sudah selayaknya seorang prajurit TNI maupun Polri baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun dari kedinasan untuk selalu membela rakyat Indonesia yang lemah. Sebab, seorang prajurit TNI-Polri lahir dari rakyat dan untuk membela rakyat.  

"Seorang prajurit tentara dan polisi lahir dari rakyat, diberi makan oleh rakyat, maka harus terus berbakti untuk keselamatan dan kesejahteraan rakyat. Itulah perjuangan kita. Kita harus berjuang untuk rakyat, kita harus mewujudkan keadilan dan kemakmuran untuk rakyat," ungkap Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.  

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo Subianto juga memberikan penghargaan untuk para pejuang pejuang PPIR yang hingga saat ini masih aktif keliling ke desa-desa di pelosok Indonesia untuk bersama-sama berjuang menciptakan Indonesia yang adil dan makmur seperti apa yang di cita-citakan oleh para pendiri bangsa.  

"Sebagian sudah lebih dari 70 tahun, bahkan 80 tahun masih aktif keliling ke desa-desa setiap hari untuk meyakinkan rakyat. Karena itu saya berikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka yang tetap bersemangat meski usia mereka sudah di atas 70 tahun. Itu lah prajurit ksatria hingga akhir usianya ia tetap berjuang untuk rakyat," imbuhnya.  

Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno itu juga memberikan salam hormat kepada seluruh ribuan purnawirawan TNI/Polri yang hadir dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, semangat dan perjuangan yang sama untuk menciptakan Indonesia yang adil dan makmur perlu terus digelorakan untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia saat ini.  

"Biasanya tradisi kita saat menjadi prajurit, bawahan hormat kepada atasan, hari ini saya ingin sampaikan ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang berjuang bersama saya dan sandiaga uno untuk memperbaiki kondisi bangsa ini. Saya minta berdiri semua, Saya hormat kepada kalian semua," tutup Prabowo memberikan hormat kepada seluruh hadirin. (BPN)

Jaring Aspirasi di Bima, Zulkieflimansyah Silahturahmi dengan Warga di RIte

Posted: 31 Jan 2019 12:11 PM PST

Jaring Aspirasi di Bima, Zulkieflimansyah Silahturahmi dengan Warga di RIteWOHA, LELEMUKU.COM - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah melakuukan silahturahmi dengan warga di Desa Rite, Kecamatan Ambalai, Kabupaten Bima.

Ia menegaskan maksud kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Ambalawi.  Yaitu,  selain bersilaturrahmi,  juga untuk menjaring aspirasi masyarakat. Kemudian,  gubernur memperkenalkan satu persatu kepala OPD yang mendampinginya saat itu.

Kemudian Gubernur lebih banyak mendengar aspirasi masyarakat, terkait berbagai hal.  Seperti keberadaan infrastruktur jalan,  masjid, kepemudaan,  sekolah, infrastruktur DAM dan kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kaum perempuan.

Kades Nipa,  Imran menilai kunjungan Gubernur merupakan hal yang luar biasa. Sebab,  dengan hadirnya Gubernur di tengah masyarakat dapat melihat langsung apa yang dirasakan oleh masyarakat. "saya setuju cara Gubernur kita ini menemui warga, " tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kihajar, salah satu tokoh pemuda di desa itu.  Ia menyampaikan dengan turun langsung ke dusun dusun,  gubernur bisa langsung merespon kebutuhan masyarakat. Karena itu,  ia setuju dengan cara Gubernur yang lengsung turun,  melakukan blusukan ke masyarakat akar rumput."ini langkah positif bagi kami," ungkapnya.

Sekda Kabupaten Bima, H.  Taufikurrrahman Hak,  menjelaskan masyarakat Ambalawi merupakan keluarga besar gubernur yang sangat antusias dengan kehadiran gubernur.

"Gubernur kita ini orang pintar, " ungkapnya. Ia menjelaskan saat ini pemerintah provinsi,  di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi sangat memperhatikan pembangunan sumber daya manusia. "beliu mengirim anak-anak muda kita belajar ke luar negeri," jelasnya. Ia berharap kehadiran gubernur dan rombongan memberikan keberkahan bagi masyarakat. (DiskominfotikNTB)

Pemprov Papua Apresiasi Yayasan Pendidikan Gabungan Jayapura

Posted: 31 Jan 2019 11:56 AM PST

Pemprov Papua Apresiasi Yayasan Pendidikan Gabungan JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi kiprah Yayasan Pendidikan Gabungan Jayapura yang aktif membantu pengembangan anak-anak bumi cenderawasih di bidang proses belajar mengajar.

Apalagi sistem pendidikan nasional saat ini memiliki tujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Makanya, yayasan ini kami nilai positif karena ikut mencerdaskan anak-anak Papua melalui SMA Gabungan Jayapura. Dimana SMA ini merupakan yang pertama dan tertua diatas tanah ini. Apalagi sekolah ini didirikan oleh Gereja GKI tanah Papua dan Keuskupan Jayapura pada 9 Agustus 1960 dengan aula dan ruang guru yang pertama dibangun," terang Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Anni Rumbiak, pada peresmian Aula SMA Gabungan Jayapura, Rabu (30/1).

Untuk itu, sambung Anni, dirinya mengajak semua komponen masyarakat untuk bisa menyatukan tekad sekaligus bergandengan membangun bidang pendidikan di Papua sesuai visi dan misi kepala daerah, sebagaimana yang kini dijalankan Yayasan Pendidikan Gabungan Jayapura.

Sementara dengan berdirinya gedung aula SMA Gabungan, ia yakin bakal semakin meningkatkan semangat para anak didik. Sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter kristiani, berprestasi dan berwawasan lingkungan.

"Karenanya, atas nama Pemprov Papua dan pribadi saya mengucapkan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung Aula SMA Gabungan," tegasnya.

Diketahui, Yayasan Pendidikan Gabungan Jayapura dan SMA Gabungan Jayapura berhasil mendapat bantuan fisik satu unit gedung aula yang representatif dari Kementerian PUPR RI Tahun 2018.

SMA Gabungan Jayapura juga telah banyak melahirkan anak didik yang berhasil membangun daerah, diantaranya Menteri PUPR pada kabinet Presiden Joko Widodo, yakni Basuki Hadimulyo. Dimana yang bersangkutan merupakan alumni angkatan 1973.

Sebelumnya, Menteri PUPR juga telah membangun penataan taman, lapangan olahraga serta tempat parkir SMA Gabungan Jayapura. (DiskominfoPapua)

Sandiaga Uno Datangi Pasar Bintoro Demak

Posted: 31 Jan 2019 11:54 AM PST

 Sandiaga Uno Datangi Pasar Bintoro Demak DEMAK, LELEMUKU.COM – Sandiaga Salahuddin Uno  dengan mendatangi Pasar Bintoro, Demak Jawa Tengah pada Kamis (31/1). Begitu tiba, Calon wakil presiden nomor urut 02 ini, disambut para pedagang dan pembeli.  

Sandi berdialog dengan Ibu Samsuri penjual sayur mayur. Menurut  Samsuri harga cabe merah di pasar tersebut memang sempt tutun, namun harganya rata-rata stabil. Ini agak berbeda dengan nasib para petani yang sempat demo dengan membuang cabenya ke jalan, karena harganya jatuh.  

"Rantai distribusi  harus disederhanakan, terbuka dan transparan sehingga tidak terjadi kekecewaan para petani, sebagaimana petani cabai di Demak. Jika saya dan Prabowo diberi amanat untuk melayani masyarakat, petani nanti kita akan berdayakan, dan tidak bergantung obat-obat (pertanian) yang mahal," ujar Sandi kepada  wartawan. 

Menurut Sandi pupuk akan diolah dengan teknologi canggih sehingga bisa mengembangkan pupuk organik untuk petani. "Sumber daya kita  melimpah. Jadi tidak bergantung dengan obat-obat (pertanian) yang mahal," paparnya. 

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut juga berkomitmen untuk memperbaiki sistem distribusi pupuk kepada petani.  

"Kami pastikan pupuk didistribusikan dengan lancar, obat (pertanian) terjangkau, dan kartu tani akan kami evaluasi," lanjut dia. 

Selain itu, untuk mensejahterakan petani sekaligus menstabilkan harga di pasar, Sandi menegaskan tidak akan melakukan impor saat musim panen. 

"Harga di pasar (Demak) relatif stabil, tapi di tingkat petani anjlok (cabai). Ini yang akan kami benahi. Kita pastikan harga stabil dan pasar tradisional menjadi pusat perekonomian rakyat," ujarnya. (BPN)

Jokowi Minta Nahdlatul Ulama Rawat Persatuan dan Persaudaraan

Posted: 31 Jan 2019 11:50 AM PST

Jokowi Minta Nahdlatul Ulama Rawat Persatuan dan PersaudaraanJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan kepada Nahdlatul Ulama (NU) untuk memelihara, merawat persatuan, persaudaraan, kerukunan sehingga nilai-nilai toleransi, nilai-nilai saling menghargai, nilai-nilai saling menghormati bisa terus dikembangkan.

"Saya menitipkan karena saya meyakini NU lah yang memiliki komitmen keagamaan sekaligus komitmen kebangsaan yang tidak perlu diragukan lagi," kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Konsolidasi Jelang Satu Abad Nahdlatul Ulama  dalam rangka Hari Lahir NU Ke-93, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (31/1) siang.

Ditegaskan Kepala Negara, berbeda negara kita ini dengan negara-negara lain. Keberagaman, perbedaan-perbedaan, warna-warni negara kita betul-betul telah menjadi sunnatullah, hukum Allah yang diberikan kepada kita bangsa Indonesia.

"Inilah yang terus harus kita jaga, kita pelihara, kita rawat," ujar Presiden Jokowi.

Banyak Mudharatnya


Sebelumnya pada awal sambutannya Presiden Jokowi mengatakan,perubahan-perubahan sekarang ini begitu sangat cepatnya. Landscape ekonomi global berubah, landscape politik global juga berubah, landscape sosial global juga berubah. Dan itu juga masuk ke negara,hampir semua negara sekarang ini dilanda perubahan-perubahan itu.

Di tingkat nasional kita, lanjut Presiden, juga sama, akan ada perubahan-perubahan landscape politik, ekonomi, dan sosial. Begitu juga di daerah-daerah.

"Inilah keterbukaan teknologi yang sulit kita cegah dan sulit kita hadapi, tetapi apapun, ini harus kita antisipasi dan kita respon," kata Presiden.

Presiden menyoroti keberadaan media sosial yang sangat terbuka, diakuinya banyak memberikan manfaat tetapi juga banyak mudharatnya. Hal ini bisa dilihat akhir-akhir ini kekhawatiran kita semuanya di sosial media, saling hina, saling cela, saling ejek, fitnah betul-betul semakin menjadi-jadi.

"Yang patut kita garis bawahi adalah sekarang yang muda berani melakukan kepada yang lebih tua, yang yunior berani melakukan kepada yang lebih senior, saling hina, saling cela, saling ejek, dan fitnah-fitnah," ungkap Kepala Negara.

Kepala Negara menilai, orang sudah banyak lupa nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai Islami, akhlakul karimah, lupa kepada etika-etika, lupa kepada budi pekerti, lupa kepada tata krama, lupa kepada sopan santun, lupa kepada komitmen-komitmen tentang ke-Indonesia-an.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi tak lupa mengucapkan selamat harlah, hari lahir yang ke-93 kepada semuanya Nahdlatul Ulama.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Polhukam Wiranti, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menpora Imam Nahrawi, Ketua Umum PBNU K.H. Said Aqil Siraj, dan jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). (Setkab)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel